huuu

huuu

Khasiat Kecubung

| 23 Mar 2012

Deskripsi

Kecubung Datura metel merupakan tanaman perdu yang berbatang tebal dan berkayu. Tingginya bisa mencapai 1,5 m. Cabang-cabangnya membentang melebar ke satu sisi. Daunnya berbentuk bulat telur dengan tepian berlekuk-lekuk tajam berhadap-hadapan.
Kecubung ini berbunga tunggal. Bunganya berbentuk terompet, tumbuh tegak pada ujung tangkai. Warnanya putih atau lembayung. Buahnya tergolong ke dalam buah kotak, bentuknya bulat dan berduri. Bijinya banyak, kecil dan gepeng, warnanya kuning kecoklatan.
Perbanyakannya dengan biji. Dapat tumbuh dengan cepat, dan tidak memerlukan banyak perawatan. Dapat tumbuh sampai ketinggian 800 m dpl. Tumbuh liar di tempat terbuka pada tanah berpasir atau pada tempat yang tidak begitu lembap.

- Kecubung Datura metel
- Kecubung kecil Datura stramonium
- Kecubung hutan Brugmansia suaveolens
Semua bagian tumbuhan ini mengandung senyawa hyosiamin dan skopolamin, terutama pada bagian daun dan biji. Kadarnya pada daun bisa mencapai 0,5 %, sedangkan pada biji 0,3 %.
Hyosiamin dan skopolamin bersifat anticholinergic (menghambat efek kolinergik), atau dengan kata lain dapat digunakan untuk membius, karena dapat memblokade susunan saraf pusat. Karena itu, keduanya sering digunakan sebagai obat parasimpatolitik (mengendurkan otot kejang, membuat orang rileks, meredakan nyeri dan mencegah mabuk perjalanan).

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh jpique. Diberdayakan oleh Blogger.

Featured

 

Copyright © 2010 -haLf aLive- Blogger Template by Dzignine

Pink Arrow, Bow Tie Hearts Blinking, Letter I