huuu

huuu

No Complaint Week

| 14 Mar 2012
No Complaint Week

*Kalo mau tau tentang NCW, silahkan liat di sini

Udah berjalan 3 hari, tapi baru sempet cerita tentang my own story.
Kalo hari pertama sie, udah langsung gagal kali yahh... Abis, tengah malam terbangun karena sakit yang sakit banget. Tapi, begitu ngeluh tentang rasa sakit itu, aku juga langsung nyadar. Eh, ini first day-nya No Complaint Week. Udah, langsung balik ke niatan awal. No Complaint-nya harus diteruskan.
Kalo dipikir2, rasa sakit itu adalah sesuatu yang spontan kita keluhkan, kan?

Paginya sie, bisa dilalui tanpa keluhan. Sampai akhirnya pacarku bikin aku marah2 dan komplain tentang banyak hal about us.
Tapi lucunya, tiap abis ngeluh sekali, aku pasti langsung ngomong (lebih tepatnya sie, nanya) ke dia, "aku ngeluh yahh?". Dan berikut2nya, "aku ngeluh lagi yahh?"
Oia, aku emang belum bilang?
Aku ini adalah tipe pengeluh berat.
Siangnya ke kampus.
Ajaibnya, aku bisa ga mengeluh tentang satu hal yang aku keluhkan setiap hari.
"TSUKARETA"
Ini cuma satu kata. Tapi, satu kata ini setiap har aku katakan setiap aku nginjek tangga terakhir di lantai 3 jurusanku. Yang ajaibnya, bisa untuk tidak aku keluhkan. Memang sie, hal ini secara sadar aku lakukan. Aku berharap bisa tidak mengeluhkan ini secara spontan. Bukan karena lagi ikutan No Complaint Week.
Tapi, segala sesuatu itu butuh waktu kan?
Yang penting kita bener2 niat dan berusaha.
Setelah itu, seharian sie bisa kulewati tanpa keluhan yang berarti. Hebat kan? Hehe.

SECOND DAY

Aku ga bisa bilang hari ini sepenuhnya tanpa keluhan. Tapi, at least, bisa aku kurangi.
Meskipun paginya aku aku kebablasan ngeluh pas lagi ngumpul sama temen2 ku. Soalnya, di sini komunitas para manusia usil bin jahil. Otomatis yahh, ga bisa ga ngeluh kalo sama mereka. Sampe2 melupakan keberadaan No Complaint Week.
Tapi, ngeluhnya sampe di situ aja sie.

Selebihnya, miracle-lah. Abis,hari Selasa-ku bisa dibilang hari yang terberat dalam seminggu (meskipun tak seberat orang lain). Karena seharian aku punya jadwal mengawas praktikum yang tanpa jeda hingga sore. Yang otomatis harus ngomong pake 'toa' biar kedengaran sama praktikan laboratorium yang bejibun, harus mondar-mandir ngasiih instruksi, belum lagi harus bolak-balik naik-turun tangga 3 lantai.
Tapi, herannya, setiap teringat tentang No Complaint Week, otomatis aja aku bilang aku sebaiknya berpikir kalo sesuatu yang ingin aku keluhkan itu adalah sesuatu yang ingin aku nikmati.
Maksudnya, tiap ingin mengeluh, malah ga jadi. Abis, udah keburu berpikir "ini menyenangkan, kok."
Tapi, tetep sie, yang namanya ngeluh itu ga bisa dihindari. Kalo ga percaya, tanya deh sama praktikan2 di lab siapa yang suka banget ngeluh sama kelakuan mereka, pasti nunjuknya ke aku.
Ngeluh ke diri sendiri udah bsa dikurangi...
Tapi, ngeluh ke orang lain, masih...
Setidaknya, aku masih berusaha kan...


Third Day

Hari ini lancar2 aja tuh. Meskipun bisa dibilang, hampir seharian ini aku lupa sama No Complaint Week.
Soalnya, seharian ini bisa dibilang sibuk nge-bantuin teman, dan ngurus bahan praktikum yang hampir gagal total. Jadi, sepenuhnya perhatian hari ini tuh ke 'ngurus sesuatu' sampe2 ga ada waktu buat mikirin mau komplain ini-itu.

Nah, conclusion-nya...jeng, jeng, jeng. Pelajaran yang bisa aku ambil, biar buat hari2 berikutnya aku bisa ngurangin ngeluh:
1. Ingat No Complaint Week.
Sebenarnya, yang bagusan itu kalo bisa ngeluh tanpa terbebani sama No Complaint Week, yahh. Kan lebih alami gtiu... Tapi, segala sesuatu itu ga ada yang langsung bisa kan. Ala bisa karena biasa.
2. Berpikir Positif.
Kalo belum ngelakuin apa2, udah mikirnya capek-lah, ini-lah, itu-lah, ujung2nya pasti ngeluh deh... Intinya, buatlah otak ini berpikir bahwa sesuatu yang ingin dikerjakan itu adalah sesuatu yang menyenangkan.
3. Cari Kesibukan.
Kalo lagi sibuk kayak tadi, aku ga ada waktu buat ngeluh sie. Mikir pun ga.
4. Lingkungan kali yahh?
Abis, kalo berada di dekat orang2 yang ngeluh kan jadi ngerasa ada yang senasib. Jadinya ga nyadar, pengen ngeluh juga.
Tapi, kalo udah terbiasa ga ngeluh, ini bagus juga buat jadi tantangan. Bisa ga aku ga ngeluh kalo lagi bareng sama orang yang suka komplain/ngeluh.


Yosh.
Masih ada 4 days left, yahh. Semangat dehh.
Aku sie, maunya bisa ga ngeluh secara alami. Bukan karena dibayang-bayangi sama No Complaint Week.
Tapi, butuh waktu kan untuk terbiasa dengan ini.
Sampe ketemu besok dehh.
Waktunya tidur nie.

0 komentar:

Posting Komentar

Gambar tema oleh jpique. Diberdayakan oleh Blogger.

Featured

 

Copyright © 2010 -haLf aLive- Blogger Template by Dzignine

Pink Arrow, Bow Tie Hearts Blinking, Letter I